Misteri Batu Combong

By

Misteri Batu Combong

Batu Akik dan masyarakat yang lekat dengan hal-hal supranatural, istilah ini sudah tidak asing lagi dengan yang namanya batu combong. Batu akik Combong memiliki struktur fisik yang boleh dibilang aneh bila dilihat dari sisi atas dan sisi bawah. Karena batu tersebut memiliki lobang ( combong) yang tembus dari sisi atas ke sisi bawah batu. Dan lubang yang terbentuk ini adalah asli dari asal muasal batu tersebut.

Misteri Batu Combong

Batu combong umumnya berasal dari batu akik Sulaiman. Tetapi ada juga dari jenis Kecubung yang sering disebut dengan Kecubung Combong. Kecubung combong ini sangat langka dibandingkan dengan keberadaan Sulaiman combong. Konon ceritanya batu combong mempunyai muatan ghaib yang membuat batu ini berkhasiat menjadi batu pengasihan.

Secara umum batu combong memiliki fisik yang khas dengan lubang ditengahnya, atau dipinggir penampang batu. Batu jenis ini cukup banyak dijumpai di lapak penjual batu kaki lima, yang umumnya dari jenis batu akik Sulaiman. Batu ini belum pernah disebutkan dengan golongan batu mulia yang memiliki lubng (combong) kecuali pada batu akik Kecubung Combong.

Seperti pada umumnya batu akik, batu akik combong memiliki kadar kekerasan cukup rendah yaitu antara 5-6 pada skala mohs. Hal ini dikarenakan, batu ini memiliki mineral umum yang berupa cadas, serta ikatan molekul yang tidak seerat pada batu mulia kelas satu.

Mitos yang beredar pada batu akik combong adalah, batu yang berlubang (combong) memiliki tuah/khasiat tersendiri. Pada jaman dahulu batu akik combong digunakan sebagai perantara sebagai pelet atau pengasihan. Oleh karena itu sampai sekarangpun masih banyak orang yang percaya dengan mitos tersebut.

Walaupun batu akik combong banyak beredar di pasaran, tetapi untuk mencari yang bertuah tidaklah mudah. Karena bagaimanapun tuah yang berasal batu tidak serta merta datang dengan sendirinya. Harus dengan ritual khusus apabila menginginkan batu combong tersebut memiliki khasiat. Adapun batu akik combong yang dijual secara bebas khususnya di para pedagang batu, tidak lebih seperti batu akik yang lain. Hanya saja batu tersebut, dalam proses alam tidak sempurna.

Baca juga Mitos batu tolak bala
                 Batu bulu macan
                 Batu fosil kayu cendana

Itulah ulasan mengenai batu akik combong yang bisa admin ulas pada kesempatan kali ini. Semoga apa yang barusan kita simak mengenai batu akik ini, bisa menambah wawasan bagi anda.

0 komentar:

Post a Comment