Merawat kucing persia sendiri dirumah

By

Merawat kucing persia sendiri dirumah

Merawat kucing persia menjadi hal yang sangat penting agar kucing kesayangan anda tetap sehat dan lincah. Bagi para pencinta binatang, kucing persia menjadi salah satu jenis kucing yang paling banyak diminati untuk di pelihara dan dijadikan teman bermain. Dikarenakan tubuh, dan juga bulunya yang lucu, serta tingkah polahnya yang menggemaskan, membuat daya tarik tersendiri pada jenis kucing ini.

kucing persia

Bagi anda yang baru memulai memelihara kucing persia, anda wajib mengetahui cara merawat kucing persia agar kucing kesayangan anda tetap terjaga kesehatannya. Nah, setelah sebelumnya saya berikan Cara merawat kucing anggora yang benar buat para pecinta kucing anggora, sekarang saya berikan cara merawat kucing persia buat anda, dan berikut caranya :

Makanan dan minuman kucing persia
Pemberian makanan untuk kucing persia, anda harus melihat lebel yang tertera pada label bungkusnya. Karena untuk komposisi asupan gizinya berbeda untuk kucing yang masih kecil dan kucing yang berusia dewasa. Untuk merk produk makanan kucing berbeda-beda nilai gizi dan juga kalori. Pilihlah makanan kucing anggora dengan nilai gizi, kalori, vitamin yang cukup, jadi pilihlah produk catfood yang terbaik. Untuk pemberian makanan daging atau ikan, jangan memberinya mentah tetapi masaklah terlebih dahulu agar kucing tidak mengalami masalah pada pencernaannya, seperti diare. Taruh makanan kucing di mangkok agar tidak berserakan.
Sedangkan minuman untuk kucing persia, anda bisa memberikan air putih yang biasa anda minum. Apabila air berasal dari PAM atau air sumur, masaklah terlebih dahulu air tersebut. Anda juga bisa memberikan susu khusus kucing untuk mempertahankan asupan gizi dan nutrisi pada kucing anggora. Khusus untuk yang masih baby dan dalam masa pertumbuhan, berilah susu setiap pagi dan sore hari secara rutin selain air putih.

Kebersihan dan kenyamanan kandang kucing persia
Kucing persia membutuhkan kandang yang nyaman dan juga bersih. Letakan kandang di tempat yang tenang dan jauh dari kegaduhan. Bersihkan kandang sesering mungkin agar kandang terbebas dari kuman yang bisa membuat kucing anda sakit dan terserang kutu. Lakukan pencucian kandang dengan air minimal 1 minggu sekali.

Bak pasir dan pasir tempat kotoran kucing persia
Bak pasir yang diisi dengan pasir adalah toilet buat kucing untuk membuang kotoran dan juga air seni kucing. Gunakanlah pasir khusus kucing yang bisa anda beli di toko perlengkapan hewan peliharaan.
Letakan bak berisi pasir agak berjauhan dari mangkok makanan dan minuman kucing. Setiap hari bersihkan kotoran kucing dengan cara di ayak untuk membuang kotoran kucing.

Memandikan kucing persia
Untuk menjaga kebersihan pada kucing persia, mandikan kucing seminggu 1 kali. Tidak disarankan untuk memandikan kucing setiap hari karena bisa menyebabkan kucing menjadi sakit. Gunakanlah shampo khusus untuk kucing agar bulu-bulu kucing tetap lembut. Hindari menyiram kepala kucing untuk mencegah air masuk ke hidung dan mata kucing.
Selesai dimandikan, lap badan kucing dengan kain lembut dan keringkan dengan hairdryer atau di jemur sampai badan kucing kering. Dan terakhir sisir bulu kucing dengan lembut.

Perawatan telinga dan kuku kucing persia
Agar selalu terjaga kesehatan dan kebersihannya, bersihkan juga telinga kucing menggunakan cotton bud atau kapas yang dibasahi menggunakan baby oil.
Apabila perlu, potonglah kuku kucing apabila sudah terlalu panjang. Lakukan pemotongan kuku kucing dengan hati-hati, dan gunakan gunting khusus pemotong kuku.

Vitamin untuk kucing persia
Selain makanan dan juga minuman yang cukup, kucing persia juga memerlukan asupan vitamin. Selain agar kucing tetap sehat, vitamin khusus kucing ini akan menjaga kesehatan kulit dan juga keindahan bulunya. Berilah vitamin menurut petunjuk pemakaian yang ada dalam kemasannya.

Hindari kucing persia kecapekan dan stres
Kita tentu suka mengajak kucing persia tapi perlu di ingat, jangan memaksakan kucing bermain apabila sudah terlihat lelah dan tidak mau merespon apabila di ajak bermain.
Selain itu, janganlah suka mengagetkan kucing dengan suara keras. Apabila kucing sudah merasa lelah, belailah bulu kucing dengan lembut agar merasa nyaman.

Deteksi dini kucing persia yang sakit
Hal yang tidak kalah pentingnya yaitu dengan selalu memperhatikan kucing. Apabila kucing kehilangan selera makan, tidak lincah seperti biasanya, kotoran menjadi encer, dan matanya terlihat sayu dan berair, itu bisa di indikasikan bahwa kucing persia anda sedang sakit. Yang perlu anda lakukan adalah dengan secepatnya membawa ke dokter hewan. Jangan memandikan dan mengajak bermain kucing yang dalam keadaan sakit.

Nah itulah cara merawat kucing persia yang bisa anda lakukan. Dengan selalu memperhatikan kucing persia anda setiap hari, maka kucing kesayangan anda itu bisa hidup dengan sehat sehingga bisa menemani anda dengan tingkah lucunya yang menggemaskan.

Buat anda yang juga memelihara kelinci dan juga burung lovebird, baca juga artikel saya yang lain yaitu, Cara merawat dan memelihara kelinci agar tetap sehat dan juga Cara merawat lovebird agar ngekek gacor. Semoga ulasan ini bisa bermanfaat untuk anda semua.

0 komentar:

Post a Comment