Seputar Murai Batu

By
Seputar Murai Batu - Burung murai batu merupakan salah satu burung unggulan diarena kontes diberbagai daerah seperti halnya burung lovebird. Burung yang sudab diakui dunia sebagai burung yang memiliki suara kicauan yang paling baik dan indah ini menjadi primadona khususnya dikalangan para kicau mania. Burung dengan nama latin white-rumped shama ini adalah jenis burung yang lincah dan sering bergerak pada saat sedang berkicau.

Murai batu

Burung murai batu yang berada dipasaran ini jenis dan asalanya cukup beragam. Dikarenakan asal habitat murai batu yang tersebar dari wilayah Indonesia seperti Sumatera dan Kalimantan dan juga dari beberapa negara Asia tenggara seperti Malaysia dan juga Thailand. Dari sekian banyak jenis murai batu, murai batu Medan menjadi salah satu jenis yang paling berkualitas baik dibandingkan dengan jenis murai batu lainnya. Oleh karena itu, banyak dari para kicau mania yang lebih banyak memilih jenis murai batu medan untuk dijadikan burung kontes.


Habitat asli yang menjadi favorit burung murai batu ini mulai dari hutan skunder terbuka, daerah aliran sungai, tepian danau, maupun dataran rendah yang dekat dengan sumber air, dan terlebih lagi daerah tersebut banyak sumber makanan bagi burung tersebut. Dalam habitat aslinya burung dengan ekor panjang dengan kombinasi warna hitam dari kepala hingga ekor dan warna orange di dada sampe perutnya, terlihat lebih sering menyendiri. Murai batu juga terkenal dengan jenis burung petarung, khususnya bagi para pejantan. Telebih lagi pada saat musim kawin tiba, biasanya pejantan murai batu akan merebutkan betinanya untuk dijadikan pasangan.

Makanan alami untuk murai batu di alam liar adalah serangga, ulat, semut, belalang, dan juga siput air. Makanan tersebut akan sangat disukai oleh burung ini. Sehingga dihabitatnya, apabila terdapat banyak sumber makanan seperti yang disebutkan, kita bisa menemukan burung murai batu berkeliaran, khususnya didaerah Sumatera dan Kalimantan.


Karakter murai batu adalah type burung pemalu, namun juga sangat agresif apabila merasa terancam. Biasanya murai batu akan sangat galak apabila sedang bertelur dan merawat piyiknya. Tak heran apabila ada hewan lain yang mendekati sarang burung ini, akan mematuk dan mengejarnya hingga hewan yang menjadi ancaman pergi.

Daya tarik pada murai batu sudah tidak asing lagi bagi kalangan kicau mania. Kicaunya yang indah dan bisa menirukan suara burung lain dengan suara lantang yang diikuti tarian tubuh serta ekornya, membuat siapa saja yang mendengar kicauanya pasti akan terpesona.

Namun perlu diingat, burung murai peliharaan juga rentan terhadap gangguan penyakit yang disebabkan oleh terpaan cuaca yang berlebihan dan juga buruknya kualitas pakan yang diberikan oleh pemiliknya. Oleh karenanya, apabila anda memelihara burung murai batu, harap diperhatikan cara perawatan burung murai batu. Selain itu kebersihan kandang juga harus terjaga agar kuman-kuman tidak bersarang.

Agar kualitas suara murai batu baik dan juga rajin berkicau, untuk pemeliharaannya dianjurkan lebih dari satu ekor, juga pelihara pula betinanya. Khusus untuk murai batu kontes, harus rajin memberikan atau memperdengarkan masteran suara burung lain agar burung murai anda bisa meraih nilai terbaik di ajang kontes. Selain itu burung kontes juga memerlukan perawatan harian khusus agar perfomanya maksimal dalam perlombaan.

0 komentar:

Post a Comment