Perbedaan cucak ijo jantan dengan betina

By

Perbedaan cucak ijo jantan dengan betina

Kebanyakan pecinta burung kicau khususnya bagi para pemula, banyak yang belum bisa membedakan antara cucak ijo jantan dan cucak ijo betina. Kebanyakan mereka masih banyak yang bingung dan tidak tahu harus melihat dari mana cara untuk membedakan jenis kelamin cucak ijo. Hal ini pasti membuat bingung karena mereka menginginkan cucak ijo jenis kelamin jantan, dikarenakan cucak ijo jantan akan lebih banyak berkicau dibandingkan dengan yang betinanya. Bagi anda yang masih ragu dan yang belum bisa untuk membedakan antara cucak ijo jantan dan betina, berikut akan admin berikan cara membedakannya, yang bisa dilihat dari fisik burung tersebut.

Perbedaan cucak ijo jantan dengan betina

Untuk membedakan antara cucak ijo jantan dan betina Anda bisa membedakannya melihat dari mata burung tersebut, burung cucak ijo jantan memiliki lingkar mata yang berwarna kuning mencolok, Sedangkan untuk yang jantan memiliki warna putih.

Untuk melihat perbedaan yang kedua Anda bisa melihat dari bagian paruh burung, apabila pada bagian paruh burung cucak ijo memiliki warna yang gelap itu menandakan bahwa jenis kelamin burung tersebut adalah cucak ijo jantan, sedangkan untuk betinanya memiliki warna putih bersih.

Selanjutnya khusus untuk trotolan cucak ijo yang masih berumur di bawah lima bulan, dileher betinanya terdapat warna kuning yang kelamaan akan berubah menjadi warna putih kehijauan jika sudah dewasa, sedangkan untuk cucak ijo trotolan jantan, leher berwarna kekuningan yang dipenuhi trotol atau totol-totol berwarna hitam.Pada dua bulan berikutnya, warna hitam tersebut akan terlihat semakin jelas pada leher bawah paruh semakin usia bertambah maka warna hitam akan semakin pekat menutupi leher hingga ke bawah mata.

Berikutnya perbedaan antara jantan dan betina adalah dilihat dari tulang supit burung, apabila tulang Supit kaku dan juga keras, menandakan bahwa burung tersebut berkelamin jantan, sedangkan yang betinanya akan sedikit lentur dan bergeser ke kanan atau ke kiri.

Yang selanjutnya dilihat dari kaki burung  cucak ijo yang sudah dewasa, apabila kaki burung bersisik dan ada trotol hitam, menandakan kalau kelamin jantan, namun jika tidak ada itu adalah betina.

Cara membedakan selanjutnya bisa dilihat dari pupil mata burung, apabila pupil mata berwarna jernih, menandakan jantan, sedangkan pupil mata yang berwarna coklat menandakan betina.

Demikian tadi cara mudah untuk membedakan cucak antara cucak ijo jantan dan betina, semoga apa yang diulas diatas barusan bisa bermanfaat bagi anda yang sedang mencari tahu untuk membedakan antara cucak ijo jantan dan betina khususnya bagi para pemula.

0 komentar:

Post a Comment