Pesona burung kacer

By

Pesona burung kacer

Info seputar hobi - Burung kacer (magpie robin) merupakan burung yang dihabitatnya suka hidup di pinghiran hutan, perkebunan, bahkan didalam lingkungan penduduk yang masih banyak pepohonan. Maka tak heran burung kacer sering dijumpai sedang berkicau diataa pohon kelapa, pohon bambu, pohon randu, maupun pohon lain yang berbatang tinggi. Untuk sarang burung ini sering membuatnya disela-sela pelepah pohon kelapa. Namun dalam mencari makan, burung kacer sering turun ke tanah untuk mencari cacing, maupun kotoran hewan. Tidak heran apabila burung kacer memiliki bau yang tidak sedap dibandingkan dengan burung lain.

Pesona burung kacer

Dalam habitanya, burung kacer termasuk burung soliter atau suka hidup menyendiri. Namun tidak jarang juga ditemukan hidup berpasangan dengan pasangannya. Sedangkan untuk pakan alami burung kacer ialah serangga, ulat daun, juga cacing.

Dipasaran, terdapat beberapa jenis kacer, diantaranya kacer jawa barat, kacer jawa timur, dan kacer sumatera. Kacer jawa barat jantan memiliki tanda warna hitam separuh pada bulu bagian dadanya, atau yang sering disebut dengan kacer hitam putih. Adapun kacer jantan jawa timur memiliki bulu dada hitam hingga ke bagian duburnya. Sedangkan untuk kacer jantan sumatera memiliki bulu yang sama dengan kacer jawa barat, hanya saja ukuran badannya yang lebih besar. Secara kualitas suara, kacer sumatera lebih unggul dibandingkan dengan kacer jawa barat dan kacer jawa timur, baik dari variasi maupun kerasnya pada suara burung tersebut. Dan saat ini keberadaan burung kacer semakin langka, khususnya untuk kacer jawa timur. Namun sekarang banyak usaha penangkaran burung kacer yang berhasil.

Burung kacer menjadi salah satu burung kicau yang paling banyak diminati saat ini karena daya tariknya. Daya tarik yang terdapat pada burung kacer, selain pada warna bulunya yang unik, gaya pada saat berkicau juga menjadi daya tarik tersendiri. Burung ini bisa membuka sayap dan mengepak-ngepakan sayapnya sambil berkicau. Burung ini juga termasuk burung yang lincah, sekaligus galak, namun mudah untuk dijinakan. Maka tidak heran juga apabila burung ini salah satu burung petarung yang hebat, terlebih apabila sedang dalam perlombaan, tarian dan juga kicauan burung ini sering membuat siapa saja yang melihatnya terpesona dengan burung kacer. Namun untuk menjadikan burung kacer seperti itu, perlu rawatan yang baik khusus agar kacer bisa menjadi gacor dan mempunyai gaya dalam berkicau.
Dikarenakan burung ini termasuk burung yang lincah, maka sangkar yang cocok untuknya adalah sangkar yang berukuran besar. Dengan begitu kacer akan lebih leluasa dan bergaya saat mengeluarkan kicauannya. Apabila ingin membuatnya lebih berkicau, maka pelihara juga betinanya.

0 komentar:

Post a Comment