Tips memeliharaan burung anis merah

By

Tips memeliharaan burung anis merah

Burung anis merah (Zoothera citrine ; orange-headed thrush) biasa disebut juga anis bata atau punglor merah dikalangan para pecinta burung kicau. Beberapa daerah lain, burung ini memiliki sebutan lain seperti manuk cacing, ceker embek, dan juga kidangan. Keberadaan anis merah di arena kontes sangat diperhitungkan dan tidak pernah luntur dimakan waktu. Hal tersebut disebabkan daya tarik pada burung anis merah yang sulit disaingi oleh burung ocehan lainnya kecuali kerabatnya yaitu burung anis kembang.

Tips pemeliharaan burung anis merah

Sama seperti kerabatnya burung anis kembang, burung anis merah juga hidup pada hutan sekunder terbuka yang penuh dengan semak dan berhawa dingin. Kebun Salak maupun kebun nanas, dan juga tempat yang  memiliki kelembaban cukup tinggi yang sangat disukai sebagai tempat untuk digunakan anis merah sebagai tempat berkembang biak. Pada saat berkicau di alam bebas, anis merah jarang terlihat karena suka bersembunyi didalam semak mengingat burung ini jenis burung pemalu. Dalam kesehariannya di alam bebas, burung ini lebih sering terlihat soliter dan jarang sekali ditemukan berpasangan terkecuali pada saat musim kawin.

Pakan alaminya habitat asli yaitu ccacing, jenis serangga kecil, rayap, siput air, dan juga binatang kecil lain yang berada pada permukaan tanah. Karakter pada burung ini pemalu tetapi galak, terutama pada saat sedang mencari pasangan pada saat musim kawin tiba. Sedangkan daya tarik pada anis merah selalu menggoyangkan kepalanya ke kanan dan ke kiri yang biasa disebut penggemarnya dengan sebutan teler. Apabila sudah terlalu asik dengn gaya telernya, bisa membuatnya sampai terjatuh.

Namun begitu burung ini juga memiliki kelemahan, gaya telernya terkadang bisa menjadi kelemahannya. Apabila telernya terlalu berlebihan hal ini bisa membuatnya mengecilkan volume suara, bahkan tidak jarang kehilangan suara dan lebih menonjolkan gayanya. Bagi penggemar yang sering ikut kontes burung anis merah, anis kembang seperti itu pasti tidak akan dibelinya. Kelemahan lain, anis merah kalau sudah mogok berkicau terkadang akan membutuhkan waktu yang sangat lama bahkan ada kasus anis merah mogok berkicau hingga selama 5 tahun.

Tips khusus pemeliharaan burung anis merah :

Jauhkan dari burung jenis lain yang bisa membuatnya takut dan mogok berkicau.

Jika mogok berkicau karena berbagai Sebab di suatu tempat jangan tempatkan burung ini pada tempat yang membuatnya tidak mau berkicau pindahkan ke tempat lain yang bisa membuatnya berkicau lagi.

Baca juga :
Makna suara dan tarian burung berkicau
Cara membuat cucak ijo gacor dengan rawatan harian

0 komentar:

Post a Comment