Ciri murai batu medan berkualitas

By
Ciri Murai Batu Medan berkualitas bagus sebetulnya sangat mudah di ketahui. Namun agi para penggemar burung murai batu pemula, umtuk membedakan burung dengan kualitas bagus akan sangat susah terlebih apabila burung Murai Batu tersebut masih bakalan atau anakan.

Berbicara seputar murai batu, perlu di ketahui bahwa burung murai batu terdiri dari beberapa jenis yang ada di pasaran. Dari mulai jenis murai batu medan, murai batu nias, murai batu lampung, murai batu aceh dan murai batu kalimantan (borneo). Bahkan bukan hanya ada di Indonesia saja, penyebaran murai batu bahkan hingga ke negara lain seperti di Srilanka, Malaysia. Thailand, dan beberapa negara Asia tenggara lain termasuk Indonesia.

Ciri murai batu medan berkualitas

Namun dari semua jenis burung tersebut, burung murai batu Medan lah yang paling banyak di cari dan di minati karena memiliki kualitas suara yang lebih baik di bandingkan dengan jenis murai batu lainnya. Hingga burung ini lebih cocok untuk di jadikan burung kontes di bandingkan di jadikan burung ocehan rumahan.

Nah, bagi anda yang ingin memiliki burung murai batu medan super, ada baiknya sebelum anda membeli burung tersebut, kenali terlebih dahulu ciri-cirinya. Adapun ciri Murai Batu Medan berkualitas adalah sebagai berikut:

  • Untuk membedakan burung murai batu medan, ada baiknya bila umur burung tersebut sudah mencapai usia -+ 5 bulan. Karena pada usia di bawah 5 bulan, kita akan lebih sulit untuk membedakan antara murai batu medan dan jenis murai batu lain.
  • Kebanyakan murai batu medan memiliki ekor yang panjang dan melengkung. Panjang rata-rata ekor murai batu medan mencapai lebih dari 25 cm, bahkan hingga 30 cm lebih.
  • Di lihat dari potur tubuh burung, murai batu medan memiliki tubuh yang lebih besar dan tegap di bandingkan dengan jenis murai batu lain.
  • Apabila kita mendengar kicaunya, maka akan terdengar keras dan terdengar besar. Ketika burung ini menirukan suara burung lain, akan lebih keras di bandingkan dengan suara asli burung tersebut.
  • Di lihat dari warna bulu atasnya yang hitam, sepintas kita hanya melihat warna hitam saja. Namun apabila bulu itu terkena cahaya atau sinar matahari, maka warna hitam akan nampak seperti kebiru-biruan mengkilat.
  • Kaki pada murai batu medan muda akan nampak berwarna gelap agak kemerahan, namun apabila sudah dewasa, kakinya akan bersisik dengan lekukan.
  • Burung murai batu merupakan type burung fighter atau petarung, pada burung murai batu medan akan mengkibas-kibaskan bulu ekor putihnya ketika di pertemukan dengan burung murai lain dan terlihat berdiri tegak menantang.


Selain ciri-ciri yang di sebutkan di atas, burung murai batu medan juga sangat mudah kita kenali dengan cara melihat ekornya. Murai batu medan dengan kualitas yang bagus atau super, memiliki empat pasang bulu ekor berwarna putih dengan strip hitam. Panjang ekor tersebut antara 15-27 cm.


Jadi apabila anda ingin memiliki burung murai batu medan yang bagus dengan kualitas super, anda harus perhatikan beberapa ciri yang telah saya sebutkan di atas. Namun apabila anda masih ragu, bawalah kawan anda yang memang betul-betul tahu cara membedakan burung murai batu agar anda tidak kecewa. Dan apabila Murai Batu Medan anda belum memiliki variasi suara, sering-seringlah memberikan masteran Murai Batu Medan anda.

Buat anda yang sudah memiliki burung murai batu namun belum bisa mengeluarkan suaranya secara maksimal, baca juga rawatan harian murai batu agar cepat gacor yang telah saya ulas sebelumnya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda, khususnya para kicau mania pemula.

0 komentar:

Post a Comment